KAMPUNG KORPRI BHAKTI PENGEMBAN PRAJA

Minggu (26/11/2023) Kelurahan Brontokusuman dalam hal ini Kampung Karangkajen akan dicanangkan sebagai Kampung Bhakti Pengemban Praja Korpri oleh Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Yogyakarta. Hal ini merupakan wujud bakti sosial Korpri Kota Yogyakarta kepada masyarakat secara berkelanjutan selama satu tahun. Rangkaian kegiatan ini merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 52 Korpri Kota Yogyakarta.

Pencanangan Kampung Bhakti Pengemban Praja Korpri di Kampung Karangkajen ditandai dengan penanaman 5 pohon kepel dan biopori di RTHP Brontokusuman. Penanaman 5 pohon kepel dan biopori itu sebagai simbolisasi Panca Prasetya Korpri sebagai wujud komitmen filosofi dasar Korpri. Selain itu pembukaan mural Korpri yang mengambarkan menyatunya abdi negara Korpri dengan masyarakat. Di samping itu kerja bakti di kebun kelompok tani Kembang Telang Karangkajen.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyatakan Korpri adalah kumpulan dari Aparatur Sipil Negara multisektor dari berbagai dinas dan badan, jadi bisa memungkinkan kemampuan multisektor menjadi salah satu keunggulan Korpri. Jadi dengan keunggulan tersebut, Korpri Kota Yogyakarta  ingin hadir di Kampung Karangkajen untuk mengintergrasikan berbagai program sektoral guna menghasilkan sebuah tematik bersama. Rencananya setelah kegiatan ini akan ada pertemuan rutin Rembug Bhakti Pangemban Praja secara periodik untuk menyusun perencanaan, pendampingan pelaksanaan dan monitoring evaluasi. Maka dalam hal ini Kampung Karangkajen Kelurahan Brontokusuman dipilih sebagai lokasi kegiatan Bhakti Pangemban Praja Korpri karena cakupan kampung itu relatif besar dengan 7 RW sehingga dinilai strategis. Kegiatan Kampung Bhakti Pangemban Praja akan berlangsung selama satu tahun dimulai pada rangkaian HUT ke-52 Korpri dan akan dilihat hasilnya pada HUT Korpri ke-53 tahun 2024.

Sementara itu Ketua Kampung Karangkajen Suharjo mengatakan atas nama masyarakat Karangkajen mengucapkan terima kasih atas penunjukan Karangkajen sebagai lokasi kegiatan Korpri Kota Yogyakarta. Dia menyampaikan Kampung Karangkajen mencoba mem-branding sebagai Kampung Religi, Kampung Perjuangan dan Kampung Science. Suharjo berharap program pendampingan Korpri dapat terlaksana untuk mengintegrasikan program yang ada di Kampung Karangkajen.