MUSRENBANG TINGKAT KELURAHAN BRONTOKUSUMAN

Rabu tanggal 10 Januari 2024 pukul 09.00 WIB Kelurahan Brontokusuman telah melaksanakan kegiatan Musrenbangkel di Pendopo Aji Bronto secara luring dan daring. Yang secara luring dihadiri oleh Bapak MPP Kemantren Mergangsan, Ibu Kapus Mergangsan, Bhabinkamtibmas Brontokusuman, LPMK Brontokusuman dan tokoh masyarakat Kelurahan Brontokusuman dan yang secara daring di ikuti Bappeda Kota Yogyakarta , Bapak Triyono Hari Kuncoro anggota DPRD Kota Yogyakarta komisi A dan beberapa pihak OPD Pemerintah Kota Yogyakarta yang terkait.

Bapak Maryanto, S.E.,M.M  selaku Lurah Brontokusuman memberikan sambutan yang berkaitan tentang tujuan yang ingin dicapai dari pembangunan di Kelurahan Brontokusuman adalah mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan memperkecil kesenjangan pendapatan masyarakat.

Ketua LPMK Kelurahan Brontokusuman, Bapak Kusnan Majid memaparkan rangkuman dari usulan yang telah di usung tiap lembaga masyarakat. Secara garis besar usulan yang telah dirangkum telah mencerminkan tujuan pembangunan dan tema musrenbang untuk perencanaan tahun 2025 yaitu Pemantapan Pembangunan Manusia dengan Dukungan Layanan Publik Berkualitas untuk Kesejahteraan Masyarakat.

 

Sekretaris LPMK Kelurahan Brontokusuman, Bapak Aris B. Thoha, S.Ag., M.Ag. memaparkan tentang konsep pembangunan Kelurahan Brontokusuman sebagai Kelurahan Wisata dengan Wisata Religi, Seni Budaya dan Wisata Perjuangan. Sebagai objek unggulan dan pusat pelayanan jasa yang berwawasan lingkungan. Usulan musrenbang perlu fokus mendasarkan pada konsep pembangunan wilayah yang mana dari masing-masing kampung di Kelurahan Brontokusuman memiliki tujuan branding yang berbeda-beda.

Kampung Timuran dengan branding Kampung Hijau dan Tertib. Kampung Brontokusuman dengan branding Kampung Budaya dan Kuliner. Kampung Prawirotaman dengan branding Kampung Wisata. Kampung Karangkajen dengan branding Kampung Religi, Perjuangan dan Sains. Kampung Karanganyar dengan branding Kampung Wisata berbasis Ekonomi Kreatif. Kampung Lowanu dengan branding Kampung Kuliner, Hijau dan Ramah Anak.

Kegiatan Musrenbang tahun 2024 untuk perencanaan tahun 2025 diharapkan dapat melengkapi dan menyempurnakan konsep pembangunan yang ada di tiap kampung sesuai dengan branding yang di usung. Sehingga dapat membawa perubahan positif dengan impact jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah Kelurahan Brontokusuman Kemantren Mergangsan.